BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Dalam dunia usaha
sekarang ini tingkat persaingan antara industri-industri bisnis semakin tajam,
tak terkecuali dengan perusahaan-perusahaan yang berada di Indonesia. Dengan
semakin majunya teknologi dalam era globalisasi ini, setiap perusahaan berusaha
untuk selalu meningkatkan kualitas produksinya maupun manajemen pemasarannya
dengan tujuan memaksimalkan keuntungan-keuntungan sesuai target yang diinginkan
oleh setiap perusahaan. Persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis telah
merambah ke semua sektor usaha (bisnis), sehingga kompetisi yang ada antara
perusahaan semakin ketat. Perusahaan yang bergerak dalam dunia otomotif
khususnya kendaraan roda dua, tidak lepas dari persaingan tersebut, dimana
suatu perusahaan dituntut untuk mampu menghadapi berbagai kendala yang timbul
dalam mengelola bisnis usaha pemasarannya, juga untuk menjamin perusahaan yang
bersangkutan supaya dapat beroperasi dengan manajemen yang efektif dan efisien.
Setiap perusahaan dapat
meningkatkan penjualan produknya dengan menggunakan sistem pemasaran yang
efektif, serta strategi-strategi yang khusus dalam meningkatkan pasar konsumen
yang ada. Strategi pemasaran tersebut adalah Strategi tentang Marketing Mix yaitu Price (harga), Product
(produk), Promotion (promosi) dan Places (distribusi). Pemasaran merupakan
salah satu fungsi yang sangat penting dalam perusahaan, dimana dengan pemasaran
yang tepat dapat menentukan volume penjualan dan posisi perusahaan (produk) di
pasar. Penguasaan pangsa pasar sangat tergantung kepada kemampuan untuk
memanfaatkan strategi pemasaran perusahaan seperti : a). Bagaimana
mempromosikan suatu harga produk, b). Bagaimana strategi harga dengan pesaing
yang ada, c). Bagaimana kebijakan promosinya, d). Bagaimana proses distribusi
yang tepat, e). Bagaimana mengenal lingkungan pasar dan lain sebagainya.
Tingkat dan jenis
kebutuhan serta keinginan konsumen itu dapat berbeda satu dengan yang lainnya,
yang ini menyebabkan pilihan terhadap motor Yamaha, alasan pemilihan atau tujuan
pemilihan dan faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam membeli motor
Yamaha pada setiap konsumen juga berbeda.
Oleh karena itu PT.
Megatama Motor menyediakan kebutuhan masyarakat dengan berbagai jenis type kendaraan roda dua yang memiliki
karakteristik yang berbeda-beda antara lain motor Yamaha F1zr-RR memiliki
kualitas model yang sporty, kualitas
mesin yang awet serta cocok untuk digunakan oleh para remaja dan dewasa yang
berjiwa muda, adapun type motor
Yamaha Jupiter Z memiliki mesin yang berkualitas, hemat bahan bakar dan dapat
digunakan untuk perjalanan dalam kota dan luar kota.
Dalam hubungannya
dengan uraian tersebut diatas dapat disajikan data volume penjualan sepeda
motor Yamaha untuk tahun 2005-2009 yang dapat dilihat pada tabel 1 yaitu sebagai
berikut :
Tabel
1.1
Data Volume Penjualan Motor
Tahun 2005 – 2009
Tahun
|
Volume
Penjualan
(Unit)
|
2005
2006
2007
2008
2009
|
497
583
617
652
663
|
Rata-rata
|
602
|
Sumber : PT. Megatama Motor di Makassar
Dengan citra yang baik
serta kepercayaan terhadap perusahaan akan membuat konsumen terpikat untuk
mengadakan pembelian ulang dan konsumen tidak akan beralih pada perusahaan lain
yang juga menawarkan produk yang sejenis. Bagi perusahaan hal ini akan
mempermudah penentuan kebijaksanaan pemasaran yang tepat.
Dengan berpegang pada
apa yang telah penulis utarakan di muka penulis akan membahas tentang : “Analisis Bauran Pemasaran Dalam
Peningkatan Volume Penjualan Motor Yamaha Pada PT. Megatama Motor di Makassar”.
1.2
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar
belakang yang telah dikemukakan sebelumnya, maka permasalahan dalam penelitian
ini dirumuskan sebagai berikut :
1)
Apakah
terdapat pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, promosi dan saluran
distribusi) terhadap peningkatan penjualan motor merek Yamaha pada PT. Megatama
Motor
2)
Faktor
apa dari bauran pemasaran yang paling dominan berpengaruh terhadap peningkatan
volume penjualan motor merek Yamaha pada PT. Megatama Motor.
1.3
Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.
Tujuan Penelitian
Sesuai dengan
rumusan masalah tersebut diatas, maka tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah :
a)
Menganalisis
pengaruh produk, harga, biaya promosi dan saluran distribusi terhadap
volume penjualan motor
merek Yamaha pada
PT. Megatama Motor.
b)
Mengukur
variabel mana yang paling dominan berpengaruh terhadap peningkatan volume
penjualan motor merek Yamaha pada PT. Megatama Motor
2.
Manfaat Penelitian
Hasil penelitian
ini diharapkan akan dapat memberikan manfaat sebagai berikut :
a)
Sebagai
bahan pertimbangan bagi manajemen perusahaan atas keputusan-keputusan yang
diambil dalam menerapkan masalah bauran pemasaran di masa yang akan datang.
b)
Dengan
melakukan penelitian, diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berguna bagi
peneliti untuk dapat berpikir secara analitis dan sistematis di masa yang akan
datang.
No comments:
Post a Comment